SWIPE UP TO READ

Dorce Gamalama Sang Aktris Multitalenta Asal Tanah Air, Berikut Profilnya

rieda_qurrotu

Viral16 February 2022

BEKASI, bekasi24jam—Kabar duka datang dari aktris multitalenta asal Tanah Air, Dorce Gamalama, pada hari Rabu 16 Februari 2022. Baca selengkapnya di sini.

Dorce Gamalama yang memiliki nama asli Dedi Yuliardi Ashadi, lahir di Solok Sumatra Barat pada tanggal 21 Juli 1963. Beliau merupakan seorang pembawa acara, penyanyi dan aktris berkebangsaan Indonesia.

Nama ‘Dorce’ merupakan nama panggung yang diberikan oleh pemimpin kelompok tari waria Fantastic Dolls, Myrna, pada saat Dorce berprofesi dan lebih sering memposisikan dirinya sebagai sosok perempuan, meski pada saat itu jiwa pria Dorce masih sangat kental. Untuk mendukung totalitas perannya, Dorce menjalani operasi ganti kelamin di Surabaya pada tahun 1983.

Nama belakang Dorce Gamalama diambil dari Gunung Gamalama di Pulau Ternate, Kepulauan Maluku. Selepas melaksanakan ibadah haji, Dorce menambahkan satu kata pada nama belakangnya, yakni Dorce Gamalama Halimatussa’diyah. Dorce pernah memiliki beberapa nama panggung seperti Dorce Ashadi, Dorce Urang Aring, Dorce Manice, Dorce Elkafeer, hingga pada akhirnya nama Dorce Gamalama lah yang terkenal di dunia hiburan.

Sebagai seorang pembawa acara televisi, Dorce banyak membawakan program acara seperti program Dorce Show di TransTV pada tahun 2005. Atas kesuksesannya membuat Dorce berhasil masuk ke dalam daftar presenter papan atas Indonesia.

Selain sebagai pembawa acara terkenal, Dorce merupakan penyanyi yang berhasil mencetak rekor di Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk peluncuran sembilan ambum yang berhasil dirilis sekaligus dalam waktu lima bulan, sejak November 2005 hingga Maret 2006. Dorce  pun masuk ke dapur rekaman Billboard atas pelucuran single yang berjudul “Cintaku Kendur di Jalan”. Namun sayangnya, lagu tersebut kurang menarik perhatian target pasar.

Lebih lanjut lagi, Dorce Gamalama pernah membintangi beberapa film seperti Dorce Sok Akrab pada tahun 1989, Dorce Ketemu Jodoh pada tahun 1990, Mas Suka Masukin Aja tahun 2008 dan Hantu Biang Kerok pada tahun 2009. Sinetron pun pernah dibintangi oleh Dorce pula, seperti sinetri Incan, Encim dan Oncom tahun 2007 dan Kecil-Kecil Mikir Jadi Manten pada tahun 2017.

Terkini

Join Grup

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda