SWIPE UP TO READ

Kolaborasi Penguatan Konstruksi Baja, ISSC Gelar Munas ke-2

redaksi

Berita09 March 2022

Bekasi, bekasi24jam.com - Indonesian Society of Steel Construction (ISSC) pada hari ini Rabu (9/3/22) mengadakan Musyawarah Nasional (Munas) ke-2 yang bertempat di Hotel Horison Bekasi. 

Munas ke-2 ISSC tahun 2022 ini adalah bentuk forum pertemuan dan merupakan kekuasaan tertinggi di tubuh ISSC. 

Mengusung tema 'Kolaborasi Penguatan Konstruksi Baja Nasional Dalam Menyongsong Indonesia Bangkit Di Masa Pandemi' ISSC siap berkolaborasi dengan para stakeholder seperti Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Perindustrian, kalangan industri, kontraktor, konsultan, praktisi, serta pihak akademisi.

Adapun agenda yang dibahas pada Munas ke-2 ini adalah Rencana Program Kerja dan Pemilihan Ketua Umum dan Struktur Organisasi Periode 2021-2024.

Setelah dilakukan sidang Budi Harta Winata Terpilih sebagai Ketua Umum baru menggantikan Ken Pangestu yang diangkat menjadi Ketua Dewan Pengawas.

Budi Harta Winata menyampaikan tujuannya usai terpilih menjadi Ketua Umum baru. 

“Kita menjadi tuan rumah bagi industri baja nasional disini, material bahan baku ya dari kita aja, kita punya banyak kok," ucap Budi. 

“Kita juga siap mendukung sepenuhnya ke pemerintah demi kemajuan industri baja nasional," tambah Budi.

Sementara itu, Ken Pangestu selaku Ketua Dewan Pengawas menyambut baik perhelatan Munas Ke 2 ini sendiri.

“Munas ke-2 ISSC ini tentu akan membantu optimalisasi penggunaan baja dalam pembangunan infrastruktur ke depan," ucap Ken.

ISSC menggaris bawahi bahwa informasi yang terkait dengan spesifikasi data produk baja memang sudah seharusnya bisa ditampilkan kepada publik, agar masyarakat luas dengan mudah mendapatkan info produk yang terkini dan sudah diproduksi oleh bangsa sendiri. Keberadaan media ini dirasa sangat penting oleh ISSC.

“ISSC akan mendukung untuk mensosialisasikan informasi terutama yang menyangkut masalah informasi produk baja," tutur Ken.

Diketahui, acara ini sendiri dihadiri juga Direktur Kelembagaan Dan Sumber Daya Konstruksi Ir. Nicodemus Daud, M.S, sekaligus melantik para pengurus baru periode 2021-2024.

ISSC diharapkan bisa menjadi sebuah forum bersama untuk menjalin komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi di antara seluruh stakeholder konstruksi baja di Tanah Air. Diharapkan dari wadah ini akan memicu semakin pesatnya penggunaan konstruksi baja di Indonesia.

Diketahui Indonesian Society of Steel Construction atau dalam istilah Indonesia-nya Masyarakat Baja Konstruksi Indonesia merupakan salah satu wadah dari masyarakat yang peduli terhadap perkembangan dan kemajuan dunia konstruksi baja di Indonesia. 

Berdirinya organisasi ini diprakarsai oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang dalam hal ini didukung penuh oleh Kementerian Perindustrian dan kalangan industri, kontraktor, konsultan, praktisi, serta pihak akademisi.

Diawali dengan kerjasama kegiatan pengiriman insinyur baja untuk studi ke Jepang pada tahun 2016 melalui kerjasama antara The Human Resources and Industry Development Association (HIDA) mewakili Jepang dengan Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia (HAKI) yang untuk selanjutnya tongkat estafet diserahkan kepada Asosiasi Masyarakat Baja Indonesia (AMBI). 

Pada kerjasama lanjutan ini, pihak HIDA Jepang menyerahkan kelanjutan program dengan Indonesia kepada Japan International Cooperation Agency (JICA) yang didukung oleh Japanese Society of Steel Construction (JSSC). 

Kemudian kolaborasi baru antara JICA, JSSC dengan AMBI menemui persoalan kompleks dalam dunia konstruksi baja di Indonesia, dimana persoalan ini menuntut pihak pemangku kebijakan negara harus ikut turun tangan.

Maka akhirnya diinisiasi pertemuan antara pihak Jepang yang diwakili delegasi JICA & JSSC untuk menggelar pertemuan dengan pemangku kebijakan negara yang disini adalah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat oleh AMBI. 

Dalam perjalanannya, dirumuskanlah mengenai pembentukan sebuah wadah organisasi yang berisikan seluruh elemen konstruksi baja di Indonesia. 

Maka pada hari Rabu, tanggal 12 bulan September 2018 dideklarasikan pembentukan Indonesian Society of Steel Construction atau Masyarakat Baja Konstruksi Indonesia yang kemudian dikenal dengan ISSC bertempat di ruang Rapat Utama Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan telah disetujui oleh semua pihak.

Terkini

Join Grup

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda