SWIPE UP TO READ

5 Fitur Bluetooth yang Jarang Orang Ketahui

redaksi

Berita06 January 2022

BEKASI - Hai Bekasinians, kali ini kita mau membahas soal fitur bluetooth yang belum banyak orang ketahui. Ada sejumlah fitur bluetooth yang bakal kita ulas dalam artikel kali ini.

Fitur bluetooth ini bakal mempermudah kamu lho dalam melakukan sejumllah aktivitas yang tentunya memerlukan bantuan teknologi.

Kamu pasti udah nggak asing kan sama yang namanya bluetooth. Teknologi wireless ini biasa digunakan untuk mengirimkan dan menerima data antarperangkat dan tanpa bantuan kabel.

Nah, selain untuk memindahkan data atau pun menghubungkan perangkat ke pengeras suara misalnya, bluetooth ternyata memiliki beberapa fitur unik lho!. Mari kita simak fitur bletooth yang belum banyak diketahui orang.

Baca juga: Kajian Terbaru Indonesia Selalu Rugi Karena Macet! Cara Ini Dianggap Jadi Solusinya...

Membuka dan Mengunci Ponsel Android

Ternyata bluetooth juga bisa dipakai untuk membuka dan mengunci ponsel android. Tapi, dengan menggunakan aplikasi bawaan yakni smartlock.

Smartlock ini memungkinkan ponsel akan tetap terbuka lockscreennya di dalam situasi tertentu. Misalnya apabila ponsel kamu disimpan di dalam saku atau sedang terhubung ke perangkat terpercaya.

Apabila ponsel kamu sudah di luar jangkauan koneksi bluetooth, maka secara otomatis ponsel akan terkunci sendiri.

Cara menggunakan smartlock.

  • Pertama, kamu buka pengaturan ponsel. Kemudian pilih menu security and location. Lalu klik smartlock dan pilih trusted device.
  • Apabila ponselmu merk Samsung, saat kamu membuka pengaturan ponsel, pilihlah Lock Screen and Security, lalu pilih Secure Lock Setting dan pilih Smart Lock.

Membuka Perangkat Chrome, Windows Hingga Mac

Kalau sebelumnya fitur bluetooth bersamaan fitur smart lock bisa membuka ponsel android secara otomatis, maka selanjutnya kamu juga bisa membuka perangkat lainnya. Ternyata ponsel android kamu bisa membuka atau mengunci perangkat seperti Windows, Mac atau Chrome dengan fitur bluetooth bersamaan fitur smart lock.

Untuk Chrome, kamu bisa mengaktifkan fitur Smart Lock dengan cara pergi ke menu settings > Connected Devices. Setelah itu, atur perangkat Android kamu sesuai instruksi yang diberikan.

Lalu untuk perangkat Windows, kamu bisa pergi ke Settings > Accounts > Sign-in options > Dynamic Lock. Lalu, centang ceklist box 'Allow Windows to automatically lock your device when you're away'.

Nah gengs, sayangnya kalau kamu pakai Mac, kamu perlu menginstall aplikasi DroidID di ponsel android terlebih dahulu. Karena perangkat Mac tidak memiliki fitur smart lock.

3.     Memanfaatkan Applet Bluetooth IFTTT 

IFTTT, bingung gak sih?

Gini gengs, IFTTT alias IF This Then That yang memungkinkan kamu untuk mengotomatiskan serangkaian tindakan bluetooth yang seharusnya kamu lakukan secara manual.

Misalnya, jika kamu ingin menghubungkan perangkat kamu ke pengeras suara, maka kamu bisa menghubungkannya secara otomatis dengan membuat applet IFTTT.

Namun jika ingin memanfaatkan fitur ini, kamu harus mengunduhnya terlebih dahulu di ponsel Android kesayangan kamu.

Mabar Game Multiplayer 

Kalau selama ini kamu main bareng alias mabar game multiplayer dengan kuota yang tentunya boros, ternyata kamu juga bisa mabar dengan koneksi bluetooth lho.

Tapi sayangnya tidak semua game bisa menggunakan fitur ini. Untuk menggunakan fitur bluetooth hanya bisa digunakan di game-game tertentu saja yang memang menyediakan mode tersebut.

Chatting 

Kata siapa kalau chatting cuma bisa dilakukan dengan menggunakan jaringan internet saja? Ternyata, kamu juga bisa chatting dengan fitur bluetooth! Tapi gengs, untuk menikmati fasilitas ini kamu harus dibantu oleh salah satu aplikasi, yakni Bluetooth Chat. Dengan bantuan aplikasi ini kamu bisa memanfaatkan koneksi bluetooth di ponsel android untuk berkirim pesan atau bahkan gambar.

Nah, gimana nih gengs? Mau coba chattingan yang unik sama doi pakai bluetooth chat?

SimpleWordPress
SimpleWordPress

Terkini

Join Grup

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda