SWIPE UP TO READ

Tahun 2022, Pemerintah Kenalkan Sistem Pembayaran Tol Tanpa Berhenti

redaksi

Berita03 January 2022

BEKASI - Tahun 2022 ini ada yang baru dalam sistem pembayaran tol. Pengendara dapat melakukan pembayaran tol tanpa berhenti atau disebut multi lane free flow (MLFF).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) akan menerapkan sistem pembayaran tersebut mulai Desember 2022. Namun, sistem pembayaran tersebut baru diterapkan 50 persen. 

Menurut Kepala Sibbidang Operasi dan Pemeliharaan I BPJT, Galuh Permana Waluyo mengatakan, pihaknya berharap cara pembayaran tol tanpa berhenti ini akan berjalan secara keseluruhan paling lambat pada September 2023.

Ia menejaskan hingga kini pihaknya tengah merancang aplikasi pembayaran tol tanpa berhenti ini. Rencananya, aplikasi tersebut akan dikenalkan ke publik pada Juli 2022.

"Manfaat MLFF menghilangkan kemacetan di gerbang tol, tidak terjadi antrian kendaraan. Mengurangi polusi dan emisi karbon. Mendukung digitalisasi pembayaran dengan membuka opsi seluruh instrumen pembayaran. Efesiensi biaya operasional pengumpulan tol oleh BUJT dengan jaminan BUJT tetap menerima 100% pendapatan tol," kata Galuh dalam Webinar yang digelar ITS Indonesia beberapa waktu lalu. 

Terkini

Join Grup

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda