SWIPE UP TO READ

Cara Mengingatkan Anak untuk Tetap Taat Protokol Kesehatan

rieda_qurrotu

Bekasinians28 January 2022

BEKASI—Hallo mom, dad! Anak-anak sedang menjalani pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah, bukan? Meskipun saat ini pandemi Covid-19 terutama varian Omicron kian meningkat. Maka dari itu, mom dan dad punya peran penting nih untuk mengimbau anak-anak agar selalu taat dengan protokol kesehatan (prokes), baik ketika menjalani PTM ataupun berada di luar rumah.

Mengingatkan perihal ini kepada anak harus dilakukan dengan pendekatan yang tepat. Tujuannya, agar anak dapat memahami kondisi sekarang ini dan mau taat kepada prokes. Berikut sejumlah cara yang bisa orangtua lakukan untuk mengingatkan anak untuk tetap taat prokes.

  1. Komunikasi

Saat kita dan anak sedang senggang, maka bukalah komunikasi yang baik dengan anak. Pastikan sang anak memiliki suasana hati yang baik supaya komunikasi berjalan dengan baik.

  1. Beritahu Informasi

Ketika di sela-sela mengobrol, jangan lupa beri informasi kepada anak terkait dengan situasi dan kondisi saat ini. Hal yang perlu orangtua ingat, jangan sampai menakut-nakuti anak. Alangkah lebih baik sebagai orangtua memberitahu bagaimana cara pencegahannya, salah satunya dengan menerapkan dan taat kepada protokol kesehatan. Kemudian beritahu juga bagaimana virus itu menular, sehingga anak dapat memahami bahwa taat prokes bisa menghentikan penyebaran virus.

Beritahu juga kepada anak tentang apa yang harus dan yang tidak harus mereka lakukan. Misalnya, harus selalu mencuci tangan, harus mengenakan masker di luar rumah, tidak berkerumun apabila tidak ada hal yang penting, dan lain sebagainya.

  1. Bekali Anak

Selain membekali anak dengan pengetahuan terkait virus covid-19, bekali anak juga dengan perlengkapan protokol kesehatan yang memadai. Selalu berikan masker berikut cadangannya, hand sanitizer, botol minum pribadi, bekal pribadi. Beritahu anak bagaimana penggunaan perlengkapan tersebut. Ingatkan mereka untuk tidak makan dan minum pada satu tempat, dan tetap perhatikan jarak.

  1. Beri Contoh

Membekali pengetahuan kepada anak itu perlu, tapi harus disertai dengan contoh pula. Anak akan lebih memahami ketika orangtua bisa memberikan contoh dan menerapkan protokol kesehatan yang baik dan benar. Tujuannya agar anak selalu ikut dari contoh orangtuanya.

  1. Selalu Ingatkan

Jangan pernah bosan ya mom dan dad untuk mengingatkan anak-anak akan pentingnya protokol kesehatab setiap hari. Misalnya sebelum anak berangkat sekolah. Tetap jaga hubungan baik antara anak dan orangtua. Ajak anak bercerita tentang apa yang terjadi di sekolah. Di sela-sela cerita tersebut, orangtua dapat menyelingi dengan imbauan akan pentingnya protokol kesehatan.

Orangtua juga perlu mengetahui dan terus memantau kondisi anak setiap saat. Apabila terdapat gejala Covid-19, segeralah lakukan tes atau periksa ke dokter.

Terkini

Join Grup

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda