SWIPE UP TO READ

Kisah di Balik Monumen Perjuangan Rakyat Bekasi

asep

Bekasinians13 January 2022

BEKASI - Bekasi kerap dijuluki sebagai “ Kota Patriot”, jadi wajar saja jika Bekasi memiliki segudang sejarah yang panjang. Kini kita akan mengulas sejarah di balik Monumen Perjuangan Rakyat Bekasi.

Monumen Perjuangan Rakyat Bekasi yang terletak di lapangan Alun-alun Kota Bekasi Jl. Veteran, Bekasi Selatan Kota Bekasi itu telah didirikan sejak 05 Juli 1955.

Sampai saat ini monumen yang berwarna putih dan memiliki ornamen hitam di puncaknya masih berdiri kokoh.

Melansir dari https://www.bekasikota.go.id/pages/bangunan-bersejarah , monumen bersejarah itu dibangun dengan batu bata yang berbentuk persegi lima dan memiliki Tinggi 5.08 meter, serta dikelilingi oleh pagar tembok yang sampai 1 meter.

Pembuatan monumen ini dalam rangka pembangunan Hut RI yang ke-10 dan HUT Kabupaten yang ke-5.

"Pembuatan monumen ini di prakarsai oleh pemerintah Kabupaten Bekasi dalam tulisan rangka HUT RI yang ke 10 dan HUT yang ke 5 Kabupateb Bekasi dan diresmikan pada 5 Juli 1955"  tulisan pada plakat yang tepat di depan monumen.

Monumen ini didirikan untuk mengingat 2 sejarah Besar di Bekasi. Yaitu, peristiwa Bulan Agustus 1945 dan peristiwa awal februari 1950.

"Pembuatannya berkaitan dengan beberapa peristiwa yang terjadi di Bekasi termasuk peristiwa Bulan Agustus 1945 dan peristiwa awal Februari 1950," demikian tulisan pada plakat.

Baca juga: Sadis! Wanita Ini Berlumuran Darah di Bekasi

Selain sebagai simbol kepatriotan para pejuang, monumen tersebut juga untuk mengenang peristiwa Resolusi Rakyat Bekasi.

Yang mana pada tahun 1950, Rapat Akbar digelar di lapangan Alun-alun Kota Bekasi. rapat yang dihadiri oleh tokoh-tokoh pejuang Bekasi seperti KH. Noer Ali tersebut, menghasilkan Resolusi Rakyat Bekasi yang akan dibagikan kepada pemerintah untuk memisahkan diri dari Kabupaten Jatinegara.

Bertepatan pada tanggal 15 Agustus 1950, pemerintah mengamini Resolusi Rakyat Bekasi, sebagaimana yang termaktub pada Undang-Undang no 14 Tahun 1950.

SimpleWordPress
SimpleWordPress

Terkini

Join Grup

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda