SWIPE UP TO READ

10 Morning Habit yang Bisa Merusak Hari Kamu

rieda_qurrotu

Bekasinians10 January 2022

BEKASI— Halo warga Bekasi! Hal apa sih yang kamu lakukan setelah bangun tidur? Apakah kamu langsung memanjakan tubuh dengan mandi air hangat? Atau langsung memeriksa ponsel karena penasaran dengan kabar terbaru di media sosial? Atau duduk sambil menikmati kopi? Kebiasaan tersebut mungkin cara terbaik untuk kamu memulai hari. Karena itu, hari ini kita akan mengulas tentang kebiasaan pagi atau morning habbits yang ternyata bisa merusak hari Anda.

Ini dia 10 kebiasaan pagi  yang bisa merusak hari kamu!

  1. Menekan tombol snooze pada alarm

Tidak ada suara yang lebih buruk dari alarm yang berbunyi pada pagi hari, kecuali bunyi alarm yang kedua atau ketiga kali ketiga. Namun sayang, ternyata hal ini dapat merusak hari kamu lho! dengan menekan tombol snooze pada alarm merupakan cara yang salah untuk memulai pagi kamu. Mengapa? Karena jika kamu diaktifkan kembali di antara alarm, maka kamu akan memasuki siklus tidur yang baru. Hal seperti ini sering membuat Anda merasa lebih pusing setelah bangun tidur, merasa lebih lesu dan akan merasa mengantuk kembali dalam waktu dekat. Maka dari itu Bekasinians, jika alarm kamu berbunyi, jangan tekan tombol snooze ya! Mulai tarik napas dalam-dalam, bangun dan semangat untuk memulai aktivitas kamu.

 

  1. Mainkan Ponsel

Saat membuka mata di pagi hari, terkadang kamu langsung memainkan ponsel karena penasaran dengan sesuatu yang baru dan notifikasi yang masuk di media sosial kamu. Kebiasaan ini memang umum bagi kebanyakan orang. Namun demikian, kebiasaan ini bisa menyebabkan kamu merasa stres dan cemas, bahkan sebelum kamu bangun untuk gigi. kebiasaan seperti ini bisa suasana hati alias bikin kamu badmood —apabila ada sesuatu yang mengganggu kamu di media sosial. Akibatnya, hari kamu bisa saja menjadi rusak.

 

  1. minum kopi

Sebetulnya tidak ada yang salah dengan menikmati secangkir kopi atau minuman hangat lainnya di pagi hari, tapi bukan untuk diminum pertama kali setelah kamu bangun tidur. Minuman terbaik untuk mengawali pagi harimu adalah air putih.  Seluruh organ tubuh memerlukan air putih untuk dapat berfungsi dengan baik, karena air putih mampu melancarkan pencernaan, menjaga keseimbangan suhu tubuh, mengeluarkan racun dalam tubuh dan meningkatkan metabolisme tubuh.

 

  1. Tidak Merapikan Tempat Tidur

Beberapa orang mungkin berpikir untuk tidak merapikan tempat tidur karena nantinya mereka akan tidur kembali. Perlu Bekasinians ketahui, dengan kamu menyempatkan beberapa menit untuk merapikan tempat tidur kamu setiap pagi, maka akan memunculkan perasaan senang dalam diri kamu karena tugas pertama telah terselesaikan. Selain itu, kamu juga bisa lebih bersemangat dan termotivasi untuk menjalani hari-harimu dan tentunya meningkatkan produktivitas.

 

  1. Makan Karbohidrat dan Gula

Karbohidrat berat dan gula sebaiknya dihindari pada malam hari, begitu pun di pagi hari, apalagi saat baru bangun tidur. Ketika kamu mengonsumsi karbohidrat berlebihan, maka hormon insulin berisiko tidak mampu lagi membantu glukosa diserap oleh sel-sel tubuh. Karena itu, kadar gula dalam darah akan meningkat dan berisiko diabetes. Makanan yang mengandung karbohidrat dan gula memberikan energi yang tidak bertahan lama. Sebagai gantinya, pilihlah sarapan yang kaya akan protein. Ini membuat kamu kenyang lebih lama dan memberikan energi tahan lama yang akan membuatmu produktif dan fokus pada pagi hari.

 

  1. Membiarkan Tirai Kamar Tertutup

Selain bunyi alarm, cahaya matahari di pagi hari tidak selalu diterima dengan baik. Dengan membiarkan tirai kamar tertutup akan membuat kamu lesu dan tidak bersemangat di pagi hari. Selain itu, kamu akan terus merasa terus mengantuk alias tetap dalam mode tidur.

 

  1. Olahraga Berat

Melakukan olahraga yang berat di pagi hari dapat menyebabkan tubuh cedera, apalagi tanpa pemanasan. Jika ingin berolahraga di pagi hari, kamu harus melakukan pemanasan dengan baik sebelum kamu berolahraga.

 

  1. Menyikat Gigi Setelah Makan

Membersihkan sisa makanan yang tertinggal dapat dilakukan dengan menyikat gigi. Namun, kamu juga perlu tahu nih kalau langsung menyikat gigi setelah makan dapa berbahaya bagi kesehatan gigi. Jika kamu mengonsumsi sesuatu yang asam, asam tersebut akan mengikis enamel beserta lapisan di bawahnya yang disebut dentin. Dengan langsung menyikat gigi, maka akan mempercepat proses kerusakan gigi. Untuk mecegah terjadinya kerusakan pada lapisan enamel, sebaiknya kamu menunda menyikat gigi terlebih dahulu. Meski harus menunggu beberapa menit, bukan berarti kamu tidak menyikat gigi sama sekali (dikutip melalui Klik Dokter).

 

  1. Melakukan Panggilan Telepon

Kurang tepat sepertinya jika kamu bertemu dengan seseorang melalui telepon di pagi hari, apalagi pada jam orang-orang baru bangun tidur. Hal ini tentunya akan mengganggu pagi kamu. Seseorang membutuhkan waktu untuk mempersiapkan diri di pagi hari sebelum hal-hal penting untuk digunakan di telepon.

 

  1. Mandi Air Hangat

Mandi dengan air hangat di pagi hari memang membuat Anda merasa lebih rileks karena dapat mengendurkan otot-otot dan meredakan stres. Namun ya ampun, dapat menyebabkan kantuk pula. Jika kamu membutuhkan semangat untuk memulai aktivitas, sebaiknya mandilah dengan air dingin.

Sumber : Channel Youtube Bright Side

Terkini

Join Grup

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda